cover

Download Songs Burung Cucak Cungkok Suara Kicauannya only for review course, Buy Cassette or CD / VCD original from the album Burung Cucak Cungkok Suara Kicauannya or use Personal Tone / I-RING / Ring Back Tone in recognition that they can still work to create other new songs. DMCA Removal Requests Send to [email protected]
Download Full Album songs For Android Burung Cucak Cungkok Suara Kicauannya Fast Download

Title : Burung cucak cungkok suara Kicauannya mantap | Masteran burung juara
Description : Burung cucak Cungkok ( Chloropsis hardwickii ) atau ada juga yang menyebutnya sebagai cucak cungko. Harganya lumayan mahal, sekitar Rp 3,5 juta. Dalam literatur perburungan, cucak cungkok disebut sebagai orange-bellied leafbird karena memiliki kekhasan pada bagian perutnya yang berwarna oranye. Suaranya ciamik, bahkan beberapa sobat kicaumania menganggapnya lebih merdu daripada cucak hijau.

spesies ini terdiri atas 4 subspesies (ras) dan semuanya tidak dijumpai di Indonesia. Berikut ini 4 subspesies dari burung cucak cungkok:

1. Chloropsis hardwickii hardwickii (Jardine & Selby, 1830)
Habitatnya di wilayah utara India, wilayah timur dari lereng Pegunungan Himalaya, wilayah selatan China (termasuk Tibet dan Yunan), hingga Myanmar, wilayah baratlaut Thailand, dan wilayah utara Laos.
Cucak cungkok ras hardwickii (Chloropsis hardwickii hardwickii)

2. Chloropsis hardwickii lazulina (Swinhoe, 1870)
Habitatnya hanya di dataran tinggi Kepulauan Hainan, sebuah provinsi kecil di China.
Cucak cungkok ras lazulina (Chloropsis hardwickii lazulina)

3. Chloropsis hardwickii melliana (Stresemann, 1923)
Subspesies ini hidup di dataran tinggi di wilayah selatan China (dari Guizhou dan Guangxi timur hingga Fujian), kemudian di wilayah utara, tengah, dan selatan Vietnam.
Cucak cungkok ras melliana (Chloropsis hardwickii melliana)

4. Chloropsis hardwickii malayana (Robinson & Kloss, 1923)
Jenis ini merupakan burung endemik di wilayah selatan Myanmar dan Semenjanjung Malaysia. Subspesies ini juga hanya dijumpai di dataran tinggi.
Cucak cungkok ras malayana (Chloropsis hardwickii malayana)

Melihat peta persebaran burung cucak cungkok, sama sekali tidak menyebutkan salah satu wilayah di Indonesia, terutama Sumatera yang berdekatan dengan Semenanjung Malaysia. Mungkinkah burung ini bermigrasi dari Malaysia ke Sumatera, melintasi Selat Malaka?

Jika melihat perilakunya, sebagaimana ditulis para ornitholog di beberapa buku dan website, keluarga leafbird dikenal sebagai burung penetap (non-migrasi): sama seperti murai batu. Burung non-migrasi tak akan pernah meninggalkan habitatnya dalam radius lebih dari 20 km.

Murai batu Jambi, misalnya, tidak mungkin akan terbang jauh sampai ke Aceh. Begitu pula dengan cucak cungkok, cucak hijau, cucak rante, dan kelompok leafbird lainnya. Ketika habitatnya rusak, misalnya oleh penebangan liar atau penjarahan hutan, biasanya burung-burung ini hanya bisa pasrah, lalu mati.

Saat ini sudah lumayan banyak kicaumania yang memiliki cucak cungkok. Bahkan ada sobat kicaumania di Jawa Timur yang memilikinya. Hampir semuanya memperoleh burung ini di sejumlah pasar burung, terutama di PB Pramuka.

Komentar awal dari sobat kicaumania saat melihat burung ini adalah ganteng, keren, bahkan ada juga yang menilai unik. Sekilas mirip cucak hijau, sehingga ada juga yang menyebutnya cucak hijau cungkok
Salah satu kelebihan burung cucak cungkok (Chloropsis hardwickii) dibandingkan dengan keluarga cica daun (Chloropsidae) lainnya adalah suaranya yang tajam atau mbeset-mbeset, dan cocok dijadikan master bagi murai batu, kacer, cucak jenggot, dan serindit. Sebaliknya, burung ini juga bisa diisi dengan suara burung gereja, serindit, pancawarna, dan sebagainya. Kelebihan lain cucak cungkok adalah perawatannya yang relatif simpel alias minimalis.
Di alam bebas menyantap nektar, buah, dan serangga.

Apabila burung belum terbiasa makan voer, meski sudah dilatih berhari-hari, Anda tidak perlu khawatir. Dalam hal ini, Anda tinggal meneruskan pola hidupnya di alam bebas. Seperti diketahui, pakan favorit cucak cungkok di alam bebas adalah buah-buahan, nektar, dan serangga.

Dalam pemeliharaan di rumah, Anda boleh saja meninggalkan nektar. Tetapi kalau diberikan juga lebih baik. Jika repot dengan urusan nektar, Anda bisa memberikan nektar buatan, hanya dengan melarutkan gula dalam air (1 : 4). Larutan gula disediakan dalam wadah tersendiri, terpisah dari wadah air minum.

Yang pasti, buah dan serangga mutlak diberikan, terlebih untuk cucak cungkok yang belum mau atau tak mau makan voer. Buah yang biasa digunakan untuk burung ini adalah pisang kepok. Untuk selingan, bisa juga diberikan jeruk, misalnya 1-2 kali dalam seminggu.

Serangga yang bisa diberikan kepada cucak cungkok antara lain jangkrik. Bagaimana dengan kroto? Anda bisa memberikannya 2 kali dalam seminggu, tetapi tanpa menu kroto pun tidak apa-apa. Sebab burung ini memang tidak rewel dalam perawatannya. Mandi pun bisa dilakukan di bak / karamba atau dengan cara disemprot.

Suara tajam dan perawatan simpel membuat cucak cungkok makin digemari.

Burung cucak cungkok suara Kicauannya mantap | Masteran burung juara
Burung cucak cungkok suara Kicauannya mantap | Masteran burung juara
Burung cucak cungkok suara Kicauannya mantap | Masteran burung juara
Download as MP3 | Download as MP4